085724842955 - 089681867573 - 087781958889 - 081320432002 - PIN D54E51BA - Email : loker.luarnegeri@yahoo.com

Senin, 24 Agustus 2015

Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri


Ada beberapa faktor penyebab yang mendorong seseorang untuk bekerja di luar negeri meninggalkan tanah airnya diantaranya karena himpitan perekonomian dan tergoda untuk pergi karena tetangga mereka yang pernah menjadi TKI/TKW dan pulang ke tanah air dapat hidup lebih baik.  Keterbatasan lapangan kerja di dalam negeri juga menjadi salah satu faktor pendorong seseorang memutuskan untuk bekerja sebagai TKI/TKW.  Hal ini disebabkan ketersediaan lapangan pekerjaan di dalam negeri belum sebanding dengan jumlah pencari kerja yang pertumbuhannya lebih tinggi dari pertumbuhan kesempatan kerja.

Tips Sukses Bekerja ke Luar Negeri-Info hub Ali Syarief Hp. 089681867573-087781958889 - 081320432002 – 085724842955 Pin 74BAF1FB

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau yang disingkat dengan sebutan TKI atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) bukanlah hal yang mudah.  Dibutuhkan tahapan-tahapan untuk bisa berangkat dan bekerja di negara asing dengan berbagai perbedaan budaya yang ada di dalamnya.  Oleh karena itu ketika memutuskan untuk bekerja di luar negeri, hendaknya telah dipikirkan masak-masak, agar menjadi TKI/TKW yang sukses. Selanjutnya ketika kembali ke tanah air menjadi mantan TKI yang yang sukses seharusnya sudah mampu mengubah kehidupannya dengan mata pencaharian yang baru, dengan bekerja secara mandiri  atau bekerja ditempat lain, tentu dengan bekal dari hasil dan pengalaman yang diperoleh ketika menjadi TKI tersebut.

Berikut beberapa informasi yang perlu diperhatikan agar dapat bekerja diluar negeri dengan sukses, baik dan aman:

1. Dapatkan informasi yang Benar dan Legal, salah satunya dapat anda dapatkan pada Pelaksana     Penempatan Tenaga KerjaIndonesia Swasta (PPTKIS) yang telah di tunjuk oleh pemerintah secara sah, untuk menyelenggarakan perekrutan, sampai pada pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri. Dan kantor PPTKIS ini dapat di jumpai pada setiap provinsi yang ada di Indonesia.

2. Mendaftarkan Diri secara resmi pada Kantor PPTKIS (Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta).

3. Mengikuti Seleksi Calon TKI/TKW
Setelah selesai kegiatan pendaftaran, maka calon TKI/TKW harus menjalani seleksi. Dan materi seleksinya yaitu :

  • Seleksi administrasi : Menyangkut kelengkapan dan keabsahan semua dokumen calon TKI/TKW yang berkaitan dengan persyaratan yang telah ditentukan untuk bisa bekerja diluar negeri.
  • Tes keterampilan : Menguji kemampuan atau keterampilan khusus yang dimiliki oleh masing-masing Calon TKI/TKW.
  • Tes kesehatan : Oleh dokter yang telah ditunjuk.

4. Mengikuti Kegiatan Pelatihan
Sebelum para calon TKI/TKW diberangkatkan ke luar negeri, mereka harus mengikuti kegiatan pelatihan, hal ini dilakukan agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan persyaratan yang diinginkan oleh pengguna diluar negeri. Adapun materi pelatihan yang diberikan, meliputi :
  • Ketrampilan khusus, sesuai dengan permintaan di luar negeri.
  • Bahasa Negara tujuan.
  • Hukum dan adat istiadat di Negara Tujuan.
  • Jangka waktu pelatihan 23 sampai 90 hari tergantung pada jenis pekerjaan dan Negara Tujuan.
  • Informasi tentang kebijakan pemerintah RI tentang pengiriman TKI/TKW keluar negeri

5. Cermati Perjanjian Kerja
Sebelum keberangkatan ke luar negeri, perjanjian kerja harus disesuaikan, yaitu mengikat perjanjian kerja antara calon TKI/TKW dengan PPTKIS sebagai wakil pengguna dan disepakati didepan pejabat yang berwenang. Dalam perjanjian tersebut, secara garis besar, harus mencantumkan hal-hal sebagai berikut :
  • Jenis Pekerjaan, lokasi dan jabatan yang akan di tempatinya.
  • Hak dan Kewajiban, termasuk gaji, tunjangan dan hak-hak lainya.
  • Waktu pemberangkatan
  • Lama bekerja atau Jangka waktu perjanjian kerja
  • Klausul perpanjangan perjanjian kerja
  • Klausul mengenai perselisihan.
6. Persiapan Keberangkatan
Para calon TKI/TKW, bersama PPTKIS harus mengurus segala dokumen yang berkaitan dengan perjalanan / pemberangkatan keluar negeri. Adapun dokumen yang dimaksud yaitu :
  • Passport, Visa, dan Tiket
  • Rekomendasi bebas fiscal.
  • Asuransi, untuk perlindungan terhadap kecelakaan sakit dan kematian.
  •  Tabungan, untuk keperluan menabung dan mengirim uang ke Indonesia.

7. Berangkat ke Negara Tujuan
Setelah semua tahapan terpenuhi, maka waktunya untuk PPTKIS memberangkatkan para calon TKI/TKW ke Negara tujuan masing-masing, sesuai dengan perjanjian Kerja yang telah disepakati dan ditandatangani bersama. 

8. Bekerja di Negara Tujuan
Setelah sampai pada negara tujuan, TKI/TKW tersebut akan langsung dipekerjakan pada tempat pengguna atau pemakai sesuai dengan pekerjaan dalam perjanjian kerja.

9. Persiapan Pulang ke Tanah Air
Dan setelah masa kontrak habis, TKI harus mengurus segala sesuatu untuk kepulangannya ke Indonesia. Dan PPTKIS harus memastikan seluruh hak para TKI yang akan pulang sudah didapatkannya. Begitu juga dengan kewajiban, terutama pada pengguan/pemakai yang memperkerjaannya. Untuk persiapan kembali ke Tanah air, TKI/TKW berkondisi dengan : KBRI PPTKIS/Perwalu Mitra Usaha Pengguna.

10. Persiapan Pulang ke Tanah Air
Menabung dan mengelola keuangan. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah Menabung dan Mengelola gaji. Menabung sebagian dari gaji. Menabung adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh para TKI/TKW, karena tidak mungkin para TKI/TKW bekerja di luar negeri selamanya, pasti pulang kampung. Mengelola penghasilan / gaji adalah hal yang penting, dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran,  mencatat pembelanjaan, dan jangan sampai tidak tahu uangnya mengalir kemana arahnya.  Nah, ketika pulang ke tanah air para TKI/TKW dapat membangun usaha baru alias berwirausaha dengan uang tabungannya tersebut.


11. Tiba di Tanah Air
Setelah tiba di tanah air, TKI/TKW diharapkan bisa memasuki dunia baru di Indonesia. Dengan membuka lapangan kerja baru atau berwiraswasta, dengan hasil tabungan yang dimilikinya.

Nah itulah Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri.

Anda berminat mengisi formasi Lowongan Kerja ke Luar Negeri khususnya Singapura, Taiwan dan Hongkong ? Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih detail atau mengisi FORMPENDAFTARAN yang kami sediakan atau hubungi Tim Lowongan Kerja ke Luar Negeri di bawah ini:

Kontak Info Kerja Ke Luar Negeri

Kontak Info Lowongan Kerja Ke Luar Negeri  - Ali Syarief 0877-8195-8889 - 081320432002 - 085724842955 - 089681867573 pin 74BAF1FB


Description: Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri Rating: 4.5 Reviewer: Ali Syarief ItemReviewed: Tips Sukses Bekerja di Luar Negeri

Reaksi:

0 komentar :

Posting Komentar



Komentar yang berupa Pertanyaan akan dijawab melalui Email kami loker.luarnegeri@yahoo.com

Mohon cantumkan : Nama, TTL, No Telp / HP / WhatsApp, Email / Yahoo Messanger / Skype, Daerah Asal, Negara Tujuan dan Pesan Anda

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Tim Lowongan Kerja ke Luar Negeri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...