085724842955 - 089681867573 - 087781958889 - 081320432002 - PIN D54E51BA - Email : loker.luarnegeri@yahoo.com

Selasa, 25 Juni 2013

Daya Tarik Industrialisasi di Taiwan

Perkembangan Industri di Taiwan

Selain ekonomi yang menjadi determinan kunjungan pekerja migran Indonesia ke Taiwan, perkembangan industrialisasi khususnya dalam bidang teknologi adalah salah satu daya tarik lain yang turut menjadi pertimbangan. Hal ini dapat dilihat dari animo warga Indonesia yang ingin bekerja di sektor industri, khususnya bagi warga Indonesia yang ingin bekerja di sektor ini sesuai dengan kemampuannya atau bagi mereka yang dahulunya pernah sekolah di Taiwan.

Bagi kaum migran, terutama yang pernah mengenyam pendidikan di Taiwan, pengalaman melihat dan merasakan perkembangan teknologi sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk memilih bekerja di Taiwan. Namun tentu saja tawaran gaji besar dan kehidupan Taiwan yang modern juga turut menjadi faktor yang memengaruhi keputusan migrasi tersebut. Salah satu contoh daya tarik kemajuan teknologi ini bisa di lihat dari pengembangan industri yang kemungkinan di Indonesia masih jarang dilakukan penelitian, yaitu pengembangan Nano teknologi.

Pengembangan Nano teknologi yang dilakukan di kawasan Hsinchu Taiwan utara. Lembaga ini selain menjadi pusat penelitian teknologi nano, di agung-agungkan menjadi kebanggaan dan kehebatan masyarakat Taiwan dalam urusan teknologi. Keberadaan lembaga ini telah membawa perubahan bagi Taiwan, yang awalnya sebuah negara agrikultural, Taiwan berkembang menjadi negara maju yang ditopang kekuatan ekonomi industrialnya. Wajah industrial Taiwan ini telah banyak memciptakan beragam produk unggulan yang membanjiri pasar global elektronik. D-Link, salah satu merek terkemuka untuk produk-produk jaringan internet (internet networking) seperti WLAN (Wireless Local Area Network), broadband, VOIP, digital home, LAN Switch, hingga kamera, misalnya, menjadi produk Taiwan yang dapat bersaing di pasar global. Setelah dibangun selama lebih dari dua dekade, industri semikonduktor Taiwan berhasil pula menguasai pasar global.

Akibat keterbatasan dari sisi luas wilayah maupun ketersediaan sumber daya alam dan manusia, suka atau tidak suka hal ini menyebabkan Taiwan harus mengusahakan perubahan dari negara agrikultural ke arah negara industri yang ditopang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bangkitnya industri padat karya pada awal era 1960-an di Taiwan yang semula adalah negara agrikultural, ditandai dengan berdirinya berbagai kawasan industri dan pusat penelitian teknologi industri.

Pada 1961-1980, untuk mendukung industri padat karya di Taiwan, didirikan beberapa pusat penelitian industrial, antara lain Industrial Technology Research Institute (1973), Institute for Information Industry (1979), serta Development Center for Biotechnology (1984). Beberapa zona ekspor secara berturut-turut juga dibangun di beberapa wilayah, seperti di Kaohsiung (1966), Nan-tzu (1971) dan Taichung (1971). Setelah sukses melampaui tahapan industri padat karya, industri high-tech secara bertahap mengokohkan diri menjadi industri unggulan Taiwan

Mengacu Taiwan Yearbook 2005, pada tahun 2003 industri manufaktur Taiwan telah mengekspor produk hardware ke seluruh dunia. Ada sembilan produk hardware utama, yakni notebook, desktop PC, motherboard, server, kamera digital, optical disk drive, Color Display Tube (CDT), monitor LCD, dan projektor, menguasai nyaris 90 persen total nilai pengiriman hardware Taiwan. Secara teknologi, produk elektronik Taiwan secara umum dirancang agar “gampang digunakan” (very-easy-to-use).

Dalam 50 tahun terakhir ini Taiwan telah berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang pesat, terciptanya stabilitas serta terdistribusikannya kesejahteraan secara merata dan terus-menerus ke luar wilayah Taiwan. Pengalaman pembangunan ekonomi secara pesat Taiwan yang dikenal dengan istilah “Taiwan Experience” kini bisa dinikmati sendiri oleh tidak hanya oleh masyarakat Taiwan, namun mendatangkan para migran dari negara-negara berkembang untuk mendapatkan pekerjaan atau bekerja di Taiwan. Alasan ini pula yang mendorong banyak migran dari seluruh dunia datang ke Taiwan, termasuk Indonesia dan beberapa negara lain di Asia Tenggara yang memang menjadi tujuan favorit bekerja di Taiwan.

Jika anda tertarik untuk bekerja di salah satu sektor industri di Taiwan Silahkan menghubungi kami dan mengisi  Form Pendaftaran untuk informasi lebih detail.

Semoga bermanfaat.


Untuk SMS yang bersifat tanya jawab, maaf kami tidak dapat merespon.  Silahkan hubungi no kontak di bawah ini  jika membutuhkan informasi.

Kontak Info Kerja Ke Luar Negeri

Kontak Info Lowongan Kerja Ke Luar Negeri  - Ali Syarief 0877-8195-8889 - 081320432002-Pin 74BAF1FB

Hubungi Via YM

Description: Daya Tarik Industrialisasi di Taiwan Rating: 4.5 Reviewer: Ali Syarief ItemReviewed: Daya Tarik Industrialisasi di Taiwan

Reaksi:

0 komentar :

Posting Komentar



Komentar yang berupa Pertanyaan akan dijawab melalui Email kami loker.luarnegeri@yahoo.com

Mohon cantumkan : Nama, TTL, No Telp / HP / WhatsApp, Email / Yahoo Messanger / Skype, Daerah Asal, Negara Tujuan dan Pesan Anda

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Tim Lowongan Kerja ke Luar Negeri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...